Sony Xperia XA1, Smartphone Berkamera 23MP dengan Desain Menawan

Bagi penggemar fotografi mobile, Sony Xperia XA1 bisa jadi smartphone yang tepat untuk Anda miliki. Smartphone yang dirilis pada April 2017 lalu ini mengusung spesifikasi kamera beresolusi tinggi dengan dapur pacu handal berbalut desain yang menawan. Meski memiliki layar berukuran kecil 5.0 inci, performa smartphone ini dijamin tidak mengecewakan.

Sony Xperia XA1 mengusung layar berteknologi IPS LCD berukuran 5.0 inci lengkap dengan fitur Enhance Technology dan Border-less Edge to Edge Design. Teknologi ini menghasilkan tampilan layar yang tampak tanpa bezel di sisi kanan dan kirinya. Lapisan proteksi Corning Gorilla Glass 4 turut serta melindungi layar dari debu dan gesekan.

Smartphone ini menggunakan chipset Mediatek MT6757 Helio P20 berprocessor Octa-core sebagai otak komputerisasinya. Chipset canggih ini kemudian dikombinasikan dengan memori RAM 3 GB serta kartu grafis GPU Mali-T880MP2. Perpaduan teknologi canggih pada Sony Xperia XA1 mampu menghasilkan performa yang menawan ketika melakukan multitasking maupun menjalankan game grafis berat.

Sementara itu Sony membenamkan kamera utama beresolusi tinggi ke dalam bodi Sony Xperia XA1 yakni 23 MP dan 8 MP sebagai kamera sekunder. Kamera utamanya mampu bekerja optimal ketika merekam foto maupun video berkat adanya fitur tambahan touch focus, LED flash, HDR, panorama, face/smile detection, geo-tagging dan phase detection focus.

Menyimpan dan mengelola file gambar maupun video berukuran besar bukan masalah lagi ketika menggunakan Sony Xperia XA1. Smartphone yang tersedia dalam pilihan single SIM dan dual SIM ini menyediakan memori internal berkapasitas cukup besar yakni 32 GB yang bisa diperluas hingga 256 GB memakai slot microSD.

Fitur konektivitas tambahan juga ditanamkan ke dalam bodi Sony Xperia XA1 seperti bluetooth 4.2, FM radio, USB Type-C 1.0 reversible connector, NFC dan sistem navigasi A-GPS dan GLONASS. Di samping itu, turut disertakan fitur sensor standar seperti proximity, accelerometer dan compass.

Smartphone yang menggunakan sistem operasi Android v7.0 Nougat ini mampu bertahan selama 603 jam dalam mode stand by (3G) berkat daya baterai non-removable Li-Ion berkapasitas 2.300 mAh. Jika melihat spesifikasi bawaannya, wajar jika Sony Xperia XA1 dikategorikan sebagai smartphone kelas menengah.

Smartphone yang dirilis dalam varian warna pink, emas, hitam dan putih ini dijual di pasaran seharga Rp 3,4 jutaan. Harga yang cukup pantas mengingat Sony Xperia XA1 mengusung spesifikasi dan performa yang menawan.