Sony Xperia R1 (Plus), Smartphone Android Nougat Harga 2 Jutaan

Tepatnya bulan Oktober 2017 lalu, Sony memperkenalkan smartphone terbarunya yang bertajuk Sony Xperia R1 (Plus) bersamaan dengan seri Xperia R1. Smartphone yang diluncurkan dalam dua varian warna yakni silver dan black ini diklaim mengusung berbagai kelebihan dari segi dapur pacu maupun kamera bawaannya.

Dari segi desain, Sony Xperia R1 (Plus) dibalut dengan bodi terbuat dari plastik dengan ukuran layar IPS LCD hanya sekitar 5.2 inci saja, lebih kecil daripada smartphone Sony lainnya. Sayangnya layar dengan kerapatan 282 ppi ini belum diberi lapisan proteksi antigores sehingga cukup rentan terhadap goresan.

Dapur pacu, Sony Xperia R1 (Plus) tak perlu diragukan karena dibekali dengan chipset berkualitas terbaik Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430 berprocessor Octa-Core 1.5 Ghz Cortex-A53 serta kartu grafis GPU Adreno 505. Kombinasi ketiga teknologi ini mampu menjalankan sistem operasi Android 7.1 Nougat dengan mulus terutama dalam hal responsivitas dan kinerja multitasking.

Tak hanya dapur pacunya saja yang handal, Sony Xperia R1 (Plus) juga dibekali dengan ruang penyimpanan cukup lega yakni memori RAM 3GB dengan memori internal berkapasitas 32GB serta RAM 2GB dengan memori internal 16GB. Kapasitas ruang penyimpanannya masih bisa diperluas lagi berkat adanya slot microSD berkapasitas maksimum 256GB.

Seperti layaknya ponsel Sony lainnya, Sony Xperia R1 (Plus) juga mengusung teknologi fotografi yang mumpuni yakni kamera depan beresolusi 13MP serta kamera belakang 8MP. Fasilitas kamera ini dilengkapi dengan fitur LED Flash, predictive phase detection autofocus, face detection, touch focus perekaman video Full HD 1080p @30fps serta geo-tagging.

Sebagai pelengkap, Sony juga membenamkan beberapa fitur lainnya seperti FM radio, sistem navigasi A-GPS, GLONASS, bluetooth 4.2, Wi-Fi, USB port Type-C 1.0 reversible connector, sensor accelerometer dan sensor proximity. Sayangnya Sony Xperia R1 (Plus) dibekali baterai non-removable Li-Ion berkapasitas cukup kecil hanya sekitar 2620 mAh saja.

Jadi, jika ingin mengoperasikan smartphone ini lebih lama, Anda harus menyiapkan powerbank yang memadai. Sedangkan dari segi harga, smartphone dual SIM ini dihargai sekitar 14.000 INR atau Rp. 2.928.000. Meski harga tersebut terbilang mahal untuk sebuah smartphone kelas menengah ke bawah, namun performa Sony Xperia R1 (Plus) dijamin tidak mengecewakan.